13 Agustus 2014

(Cerpen SMASH) "Move On" / Oneshoot

Cerbung Reza SMASH Terbaru
Title : Move On

Author : @ariek_andini (adm4)

Genre : Comedy – Romantic

Type : Oneshoot

Cast : Reza, Rangga, Merry... (merry siapa min? Siapa aja deh. Anggap aja itu elu. Merry cuman tokoh hayalan kok, di cover aku pakekin model.)

Sedikit sejarah, cerpen ini pernah gue ikutin lomba cerpen antologi smashblast. Dan alhamdulillah lolos. Selamat menikmanti ceritanya.. Tinggalkan jejak setelah membaca ya... J (Dan gue harap nggak ada lagi yg copast-in)

------------------------

          Kebanyakan orang beranggapan punya pacar satu kelas itu enak. Bisa lihat si dia kapanpun dan lebih banyak lowongan buat ngobrol. Nanya pe-er kek, minta ajarin soal sulit kek, dan segala macamlah. Ngga ada lagi istilah kangen. Tiap hari bisa liat dia sepuas hati. Sampai mata copot juga tidak masalah. Dan yang paling penting, kita bisa ngawasin dia dan bisa tau apa saja aktivitasnya. Sedikit saja nyeleweng, pasti ketahuan!


          Itulah yang selama ini gue rasakan.Seketika kelas X-2 berubah jadi surga dunia begitu Merry nerima tembakan gue.Gue jatuh cinta sama dia pertama kali ketika MOS dulu. Rambutnya hitam panjang.Wajahnya manis kayak personel-personel JKT48. Kalo ngomong halus banget kayak putri keraton. Dia resmi jadi pacar gue tepat di hari ulang tahun gue! Loe ngerti sekarang kan betapa happy-nya gue?

          Namun, tepat setahun setelah itu,dimana gue awal naik kelas ke kelas XI, gue putus sama Merry. Hubungan kami langgeng cuma sampai setahun. Kita sering bertengkar. Perkara saling mengerti satu sama lain menjadi pertengkaran besar. Hingga hari dimana gue dan Merry bertengkar hebat. Nggak ada yang mau mendengar. Lalu keluar kata putus.,

          Kita break up. Putus dalam sebuah kisah cinta adalah hal lumrah. Tapi gue ngerasa tengah terjerumus ke neraka Jahannam. Tahunya gue malah sekelas sama Merry. OH GOD!!! Enak emang punya pacar sekelas, tapi sangat amat ngga enak sekelas sama mantan.

          Kekikukkan dan kegugupan menempel erat di jasmani dan rohani gue tiap hari. Nyokap ngga pernah absen bangunin guetiap subuh, ngobrak-ngobrak suruh sholat terus berangkat sekolah. Kenapa sholat subuh tuh ngga 50 rakaat aja? Biar gue kagak usah sekolah sekalian. Ma, Reza nggak pengen sekolah di SMA ntu lagi, Ma! Reza pengen pindah sekolah!

          Tapi ngga sampai hati gue ngomongi itu ke Nyokap. Bisa mati berdiri gue denger omelan nyokap yang ngga ada bedanya sama pidato kepresidenan.

          Nama gue Muhammad Reza Anugerah, sementara mantan gue namanya Merry Dwi Cantika. Gara-gara sama-sama diawali huruf  'M', nomor urut gue tepat berada di bawah dia. Sekarang, selain pengen pindah sekolah, otak gue juga dipenuhi keinginan untuk ganti nama. Tragis!

          Sebenernya, punya mantan sekelas bukan masalah besar. Yang jadi masalah adalah anak-anak di kelas. Loe tau lah mulut mereka udah kayak toak masjid. Gue papasan sama Merry, mereka heboh. Gueduduk di belakang Merry, mereka heboh. Jika dijinkan, gue pengen melakban mulut mereka satu per satu.

           “Wettt! Reza bawa es krim!” Dicky neriakin gue yang baru datang dari kantin.

           “Kok cuma satu es krimnya, Za? Merry gak dibeliin??!” tambah Bisma.

           “Iiiihhhiiiiirrrrr.... ciyeeeeee!”

          Dannnn, keluarlah bunyi-bunyian dari mulut temen-temen gue kayak burung gagak kesetrum tiang listrik PLN. Gue menunduk, masang muka kecut, lalu duduk di bangku. Merry diam di bangkunya pura-pura serius baca buku. Gue tahu, dia pasti juga malu.

          But, that's all. Apalagi yang bisa gue lakuin? Gue cuman bisa bersabar. Berharap seorang peri baik hati dateng lalu bim sallabim, waktu berjalan setahun lebih cepat, gue udah kelas XII, dan gue ngga sekelas lagi sama Merry. Syalalala! Atau tiba-tiba sebuah truk kontainer jatuh dari langit, menimpa gue, terus gue amnesia. Yap, amnesia adalah cita-cita tiap orang yang lagi bermasalah dan banyak pikiran. Dan of course! Itu ngga pernah terjadi ke gue.

          Sadar semua hayalan gila itu nggak bakalan terjadi, gue pun mencari cara lain yang bisa diterima akal sehat. What’s that? Berdasarkan cuplikan di majalah nyokap yang gue baca secara diam-diam, cara pertama, buatlah diri loe sibuk dengan sesuatu. Entah hobi, pekerjaan, atau apapun yang menguras otak loe sepenuhnya. So, loe ngga bakal punya waktu buat kepikiran si dia.

          Keputusan pun gue ambil. Gue bertekad akan belajar keras sekeras-kerasnya. Target-target udah gue susun, di mulai dari target nilai ulangan yang semuanya harus di atas 8, mengumpulkan tugas tepat waktu, sampe Olimpiade Sains Nasional yang diselenggarakan tiap tahun. Dan, sukses! Gue jadi semi-gila berkat target-target gue sendiri.

          Jujur saja, gue bukan tipe anak yang langsung bisa ngerjain Stokiometri begitu guru selesai menjelaskan. Gue juga bukan tipe anak yang bisa hapal rumus matematika sekaligus lambang-lambangnya yang kayak cacing. Gue tipe anak gimana juga gue ngga begitu tahu. Bakar gue!BAKAR!!

          Well, merasa gagal di cara pertama, gue pun beralih ke cara kedua. Di majalah setebel Lembar Kerja Biologi gue tuh dikatakan gue mesti cari pengganti si doi. Yap, cewek serepan. Menurut gue ini adalah cara yang paling nyenengin. Tanpa banyak pikir gue langsung bertindak. Akulah Arjuna yang lagi mencari cinta.

          Gue yang biasanya jelalatan kalo lihat cewek manis, sekarang seratus kali lipat lebih beringas. Gue data cewe-cewe di kelas gue yang bakalan gue jadiin kandidat. Tentu saja pengecualian besar buat satu cewek, Merry.

          Gue mulai pasang tampang sok keren,sok ca'em, sok perhatian, dan sok deket ke cewe-cewe.

          "Fiona." panggil gue suatu pagi di kelas. Cewe berambut sebahu dengan pipi chubby itu menoleh ke gue.

          "Udah ngerjain tugasnya Pak Sam belum? Gue nggak bisa nih yang nomer terakhir." lanjut gue. Si Fiona yang dasarnya cewe lugu menurut gitu aja dengan pertanyaan palsu gue. Dia pergi kebangkunya, ngambil bukunya, dan mulai bercuap-cuap ala juri Indonesian Idol.

          Gue cengo.

          Mortalitas, natalitas, agnas monicas,dan entah apa lagi istilah absurd yang menjejali gendang telinga gue. Mumpung belum keracunan, buru-buru gue mengalihkan pembicaraan.

          "Loe pinter banget, ya. Gue nggak ngerti tuh padahal." puji gue dengan jadiin diri gue sendiri sebagai pembandingnya. Fiona ketawa cekikikan. Dan gue mengasumsikannya dengan Fiona lagi tersipu malu.

          "Biasa aja lagi, Za. Tugasnya cuman suruh nyalin materi yang ada di LKS ke soal yang diberikan Pak Sam. Anak TK juga bisa kali." kata Fiona kemudian.

          Anak TK juga bisa kali. Yeah,sayangnya Na, gue masih playgroup, loe tau??

          Kesimpulan akhir gue, pujian gue garing.

          Gue beralih ke topik lain mumpung gue belum mati gaya.

          "Na, sabtu lusa loe sibuk ngga?"

          "Iya. Kenapa?"

          Gue terdiam. Berdasarkan skenario,harusnya si cewe bilang "Tidak", trus si cowok nawarin jalan-jalan. Kenapa dari tadi obrolan gue sama Fiona nggak sejalan, sih?!

          "Oh, ngga apa-apa. Emang loe sibuk apa?" tanya gue tetep stay cool.

          "Gue mau nonton sama Rafael.”

          JLEBB!

          Gue tersadar. Fiona udah punya pacar!Dan gue lupa itu!

          Gue salah target. Sudah ngga kebayang lagi di pikiran gue gimana bentuk muka gue sekarang. Apa gue kayak Siwon? atau Zayn Malik? Dua-duanya nggak. Gue lebih mirip angry bird yang lagi ngamuk-ngamuk di kandangnya. Gue malu tingkat kayangan.

          Atas kejadian memalukan pagi itu, gue mulai melakukan perbaikan rencana. Gue hapus semua nama cewe yang udah punya cowo dari daftar kandidat gue. Tinggallah tiga orang cewe yang memenuhi syarat.Tapi lagi-lagi gue cengo.

          Apa-apaan ini??! Shela? Gue mau pedekatein cewek tomboy yang udah dapet sabuk hitam? Dan satunya lagi, Emmi?Putri tunggal Kiai Mahmud yang pesantrennya seabrek? Dan terakhir, Merry? Cewe kyang harusnya gue buang jauh dari sanubari gue? Gue pedekatein mereka? Ngga bakal! Gue lebih milih minum Baygon lalu mabok DJ ke kuburan.

          Gue termenung, terpekur, termangu,dan ter-ter lainnya di pojokan kelas gue. Ribet banget mau ngelupain seorang cewek doank. Gue pengen lepas dari angan-angan Merry, itu saja!

          Sementara gue hampir menjelma jadi Patung Liberty di bangku gue, tiba-tiba seorang cowok dari kelas sebelah datang nyamperin gue.

          "Za, loe lihat Merry?" tanya Rangga, cowo kelas sebelah.

          "Nggak..." jawab gue.

          Rangga mendesis. Menerawang seluruh kelas kayak kontraktor lagi liat proyeknya, lalu keluar dari kelas setelah ber-thanks ke gue.

          Semenit setelah Rangga pergi, Bisma dan Dicky, dua curut yang ributnya naudzubillah, datang nyamperin gue ke kelas.

           “Loe ngapain semedi sendirian disitu, Ja? Kesurupan setan apa loe?” tanya Bisma.

           “Loe punya utang ke gue! Goceng! Mana balikin?!” tagih Dicky.

           “Renternir nyasar! Udah gue balikin kemaren di kantin! Mau meras orang loe?!” sambar gue. Tau lah! Bisma sama Dicky udah seperti iblis yang menjelma menjadi sosok teman. Salah apa gue berteman sama mereka?

           “Masak??? Kok gue gak inget?!” tanya Dicky lagi.

           “Makanya otak tuh digedein memorinya! Jangan mulut doank yang gede.”

           “Loe tau nggak? Kemarin gue lihat temen kakak gue punya Dragon Thunder!” kata Bisma sambil menyeret kursi mendekat ke bangku gue.

           “Masak?! Bukannya baru rilis seminggu kemarin??!” tanya Dicky antusias. Gue sedikit banyak juga terseret kedalam obrolan mereka. Ngobrolin game terbaru yang baru dirilis dari luar negeri! Gue sama dua tuyul di depan gue memang gamer parah.

           “Makanya!! Bantu gue nyari di Pondok Indah!  Gue yakin pasti udah keluar kasetnya!”

          Rencana diatur rapi. Sepulang sekolah, gue memacu motor gue ke Pondok Indah Mall bareng Dicky sama Bisma .Kami langsung meluncur ke toko game. Keributan terjadilah. Kami bertiga sibu kberdebat tentang game Dragon Thunder. Ada dua macam kasetnya. Yang satu series A, yang satunya lagi series B. Mana yang harus dibeli? Dan itu sukses bikin kami bertiga jadi pusat perhatian pengunjung toko.

          Setelah perdebatan sengit sampai mulut berbusa-busa, akhirnya ditentukan gue membeli Series A, dan Bisma membeli Series B. Sementara Dicky, dia memilih membeli stick baru dan minjem kaset dari gue sama Bisma. Dasar cumi tuh orang!

           “Ke Food Court, bro! Gue laper abis perang sama loe!” kata Dicky.

           “Loe yang mulai!” balas gue.

          Kami berjalan bertiga menuju FoodCourt karena lapar di perut udah nggak bisa ditahan. Sesekali suit-suitin cewek manis yang lewat. Lumayan lah cuci mata di mall.

          Kami melahap makanan kami seperti anak hilang udah dua hari nggak dikasih makan. Main sambar sana-sini. Gue kasih tahu aja, Dicky itu bakalan anteng kalo udah ada makanan di depan matanya.Nggak bakalan ngomong selama piringnya belom kosong. Lain lagi sama Bisma. Tempura di piring loe bisa tiba-tiba hilang gara-gara disambar sama dia.Orangnya kurus, tapi makannya kayak Kunfu Panda.

          Selesai makan, kami sibuk buka-buka bungkus kaset game. Sekali lagi perang mulut. Kali ini si Dicky mati-matian minjem kaset dari gue. Padahal kan itu beli pakek duit gue, ya gue duluan lah yang makai.

          Di tengah candaan kami bertiga,tiba-tiba gue menangkap sosok yang nggak asing lagi di depan sana. Merry, masih dengan seragam sekolahnya, berjalan cepat menuju meja gue. Sedang dia berjalan,tiba-tiba seorang cowok berkulit putih mencengkeram tangannya dari belakang dan mencegahnya pergi. Gue terkesima melihat adegan drama itu. Bisma dan Dicky sontak juga ikut menoleh.

           “Itu Merry, ‘kan?” tanya Dicky.

           “Sama Rangga...” lanjut Bisma.

          Merry membicarakan sesuatu dengan Rangga. Entahlah apa yang mereka omongin. Jaraknya lumayan jauh dari gue. Tapi yang gue tahu pasti, Merry bertengkar dengan Rangga.

          Merry kembali berbalik badan. Kali ini pipinya basah oleh air mata. Rangga tak mau kalah. Sekali lagi dia mengejar Merry dan mencengkeram tangannya dengan kasar. Gue muak melihatnya!

          Dengan tangan terkepal, gue hampiri Rangga dan Merry. Gue lepas tangan Rangga dari lengan Merry lalu mendorongnya ke belakang. Rangga sempoyongan. Tubuhnya menabrak meja makan.

           “Loe kalo nggak punya sopan santun sama cewek, mending loe nggak usah deketin cewek!” bentak gue.

          Rangga maju ke depan. Sekali lagi dia berusaha meraih tangan Merry. Seketika gue hempas tangannya keras-keras.

           “Loe jangan ikut campur urusan gue!” Rangga balik membentak gue.

           “Loe jangan seenaknya sama cewek!!”

           “Loe pikir siapa berani ngatur gue?!” Rangga mendorong tubuh gue ke belakang.

          Bangsat lah! Gue balik dorong Rangga lalu melempar tinju ke wajahnya. Darah segar mengucur dari hidung Rangga. Belum selesai gue tercengang dengan darah yang menetes ke lantai, tiba-tiba sebuah tinju mendarat di pipi gue. Gue terjengkal di samping Merry. Gue nggak mau kalah. Gue bersiap menendang Rangga, tapi keburu ditahan oleh Bisma dan Dicky.

           “Ja! Udah, Ja!”

           “Lepasin, gue! Anjing!!!!”

           “UDAH!!”

          Bisma dan Dicky mati-matian menarik tubuh gue ke belakang. Gue berontak. Muak melihat cowok bangsat yang berdiri didepan gue.

          Sekilas gue lihat Merry menangis sambil menutupi mukanya. Gue luluh. Sejenak gue tenang. Dan kesadaran gue mulai kembali. Gue lihat seluruh pengunjung Food Court berbaris membentuk lingkaran melihati gue, Merry dan Rangga.

          Gue terdiam. Nafas gue tersengal-sengal. Rangga mengusap hidungnya dengan lengan bajunya. Darahnya nggak juga berhenti mengalir. Separoh seragam putih abu-abunya penuh bercak merah. Gue tertegun. Rangga lalu menarik tangan Merry dan membawanya pergi.Kali ini Merry tidak menolak dan menurut begitu saja kemana Rangga membawanya.

          Sepeninggal Rangga dan Merry, gue jatuh terduduk di kursi plastik di samping gue. Memar biru di pipi gue nggak lagi gue rasain. Pikiran gue kalut. Seperti belum bisa mencerna dengan apa yang terjadi barusan.

           “Loe nggak apa-apa, Ja?” tanya Bisma lirih.

          Ck!

          **********

          Nyokap gue kalang kabut melihat gue pulang maghrib-maghrib dengan pipi lebam. Dia ngomelin gue habis-habisan sambil mengompres pipi gue dengan air es. Dia bahkan sampe nelpon paman gue yang seorang dokter untuk datang ke rumah dan memeriksa gue. Nggak cukup itu, dia nyuruh gue nggak usah sekolah besoknya dengan alasan sakit.

           “Reza nggak apa-apa, Ma! Cuma memar!Namanya juga cowok!” tolak gue.

           “Cuma memar apanya? Nanti kalau infeksi gimana?! Kamu itu nggak kayak adekmu! Mana pernah Ilham tawuran kayak kamu! Kamu itu udah SMA, tapi tingkahnya kayak anak SD!”

          Ilham, adek gue, ngeliatin gue dengan pandangan berbinar-binar. Seperti baru pertama kali ngeliat orang luka memar.

         Gue berlalu masuk ke dalam kamar dan tidur. Cuman itu satu-satunya cara agar Nyokap gue berhenti marahin gue. Tambah lagi dia suka banding-bandingin gue sama Ilham. Ilham mah kutu buku! Ogah gue niruin dia.

          Pagi hari, gue mengendap-ngendap berangkat ke sekolah secara diam-diam. Gue nekat nggak bawa motor agar nggak ketahuan nyokap lalu naik ojek di pengkolan. Sesekali mulut gue berdesis menahan sakit. Kalau gue ketemu Rangga, bakal gue gipeng tuh anak sampai mampus!

          Semua anak ngeliatin gue begitu gue masuk ke dalam kelas. Sepertinya berita perkelahian gue dan Rangga di mall sudah nyebar ke seluruh sekolah. Gue meletakkan tas gue di meja lalu duduk di kursi dengan lemas. Gue lihat Merry duduk di bangkunya. Matanya pura-pura fokus membaca buku seperti biasa,

          Bel masuk berbunyi, jam pelajaran pertama berlangsung seperti biasanya. Bel istirahat berbunyi. Gue nggak minat pergi ke kantin dan tetap diam di kelas. Seperempat jam berlalu, bel masuk berbunyi. Pelajaran kedua dimulai. Dan sekali lagi berjalan norma lseperti biasa.

          Gue menggigit bibir. Gue datang ke sekolah bukan untuk sekolah! Gue bela-belain datang buat ngelurusin semua masalah ini! Kalau cuman buat dengerin guru Kimia cuap-cuap di depan kelas,mending gue ngikutin perintah nyokap dan ngegame di rumah!

          Jam istirahat kedua, tanpa banyak berpikir, gue samperin Merry di bangkunya dan mengajaknya bicara. Gue raih tangannya lalu menariknya pergi ke luar kelas.

           “Lepasin! Kamu apa-apaan sih, Ja?”bentak Merry. Dia melepas tangannya paksa dari genggaman gue.

           “Gue mesti bicara sama loe.”

           “Bicara apa?”

          Gue terdiam. Benar juga! Gue mau bicara apa sama Merry? Marahin dia gara-gara dia dekat sama Rangga? Emang gue punya hak apa? Gue kan udah lama putus sama Merry.

          Gue berpikir keras, “Gue mau... mau minta maaf sama, loe.”

           “HAH?”

           “Maaf buat kemarin sore di Pondok Indah.”

          Merry ngelihatin gue heran. Persis Harry Potter kalo lagi ngeliatin kurcaci muncul dari lubang cahaya.

           “Loe narik gue dari bangku cuman buat minta maaf?!” bentak Merry.

           “Iya...”

           “Kenapa?”

           “Ya, ‘kan gara-gara gue kemarin loe nangis.”

           “Menurut loe, gue nangis gara-gara loe gitu?”

           “I-iya ‘kan?”

          Kenapa omongannya jadi belibet gini, sih??!

           “Loe tuh jadi cowok nggak peka banget, ya!!” Merry menatap gue penuh emosi. Dia balik badan lalu ninggalin gue.

          Gue cengo, WHAT?

          Gue kejar Merry yang berjalan cepat di lorong sekolah, “Mer! Loe kenapa marah?!”

           “Pikir aja sendiri!”

           “Gue nggak bisa mikir kalo loe jalannya cepat kayak gini. Berhenti donk!”

          Merry berhenti mendadak di depan gue.Gue terkejut. Hampir saja nabrak dia.

           “Kenapa loe berhenti?” tanya gue.

           “’Kan loe yang nyuruh gue berhenti!”

           “Ya kenapa mendadak?”

           “Semau gue, lah!”

           “Oke, gue nggak mau bertengkar sama loe. Gue capek baru bertengkar sama Rangga.”

           “Terus ngapain loe bertengkar sama Rangga kalo loe nggak mau capek?”

           “Buat ngebelain loe!”

           “Ngapain belain gue?!” Merry semakin emosi.

           “Loe ditarik-tarik sama Rangga! Dan loe nangis!”

           “Emang kenapa kalo gue ditarik-tarik sama Rangga??!”

           “Ya gue nggak tega, lah!”

           “Kenapa nggak tega?!”

           “Karena gue masih sayang sama loe!!”

          EH?

          Gue terdiam. Gue kaget sendiri dengan ucapan gue.

          Merry perlahan mengubah ekspresi wajahnya. Dia yang semula ngeliatin gue dengan penuh emosi, kali ini ngeliatin gue dengan tatapan sayu. Bibirnya perlahan tersenyum simpul.

           “Loe tahu? Selama ini gue dekat sama Rangga, nggak lebih dari pelarian. Gue pengen pergi. Gue pengen lari. Lari dari loe, Ja! Tiga bulan putus, jujur, gue nggak bisa ngelupain loe! Gue udah mencoba berbagai cara agar gue bisa lari dari loe! Gue menghabiskan banyak buku, gue pura-pura belajar, gue deket sama cowok lain, tapi itu semua gagal!Yang ada di pikiran gue, cuman loe.”

          Gue terkesima.

           “Sakit nggak? Pasti nyeri ya rasanya?” Merry mengusap pipi gue yang kebiruan.

          Gue masih bengong. Gue ngelihatin Merry tanpa berkedip. Seluruh badan gue rasanya kaku. Kedua kaki mati rasa. Dan yang parah, gue nggak bisa ngerasain detak jantung gue. Ah shit! Gue jadi hiperbola kayak nyokap gue.

           “Pulang sekolah nanti, kita hang out, ya.”

          YES!!

          *********

           “Anak bebal! Bandel! Nggak mau dengerin kata orang tua! Dibilang nggak usah masuk sekolah, masih saja berangkat sekolah! Minta dipukul kamu, hah?!”

          Malam itu nyokap gue lagi-lagi ngamuk. Dia langsung ngompres pipi gue pakai es batu dan memaksa gue tiduran disofa. Terang saja gue pulang ke rumah menjelang isya’.

          Mata gue kedap-kedip memandangi atap rumah. Bibir gue nggak berhenti tersenyum. Jantung gue berdesir cepat. Rasanya seneng banget! Otak gue melayang ke wajah manis Merry sementara nyokap gue masih ngomelin gue panjang lebar.

          Jodoh tak kemana. Orang selalumenggembar-gemborkan untuk move on. That’s useless! Jika memang dia sandaran hati loe, sejauh apapun loe berusaha lari, loe akan kembali pada dia. That’s true love.

           “Bang, kenapa senyam-senyum sendiri?” tanya Ilham. Dia ngelihatin gue penuh takjub.

          Ck! Dia nggak ngerti cinta.

          *******E N D********
    

            

2 komentar:

  1. -_- Kak Ilham nggak tau cinta, nggak gaul tuh -_- (Alifa Yunia Rizky)

    BalasHapus